Teori Prof. Dr. Rohaye

on Kamis, Juni 30, 2011

Juni akan berakhir,
Terima kasih Tuhan, untuk 6 bulan umur  yang Kau berikan di tahun ini.


Ehm,

Pernahkah kalian meminjam buku/novel/baca’an apapun milik orang lain lalu tidak mengembalikannya?
Pernahkah kalian meminjamkan buku/novel/baca’an apapun kepada orang lain lalu tidak dikembalikan?
Pernahkah kalian meminjam buku/novel/baca’an apapun milik orang lain lalu mengembalikannya dengan kondisi layaknya “telah diperkosa?” (maaf,saya menggunakan istilah yang paling kejam)
Pernahkah kalian meminjamkan buku/novel/baca’an apapun kepada orang lain lalu dikembalikan dengan kondisi layaknya “telah diperkosa?” (maaf,saya menggunakan istilah yang paling kejam)

*Etika meminjam Barang milik orang lain kini mulai dipertanyakan*


Saya yakin, sebagian besar Blogger sangat senang membaca hingga ada yang tidak sungkan-sungkan untuk mengeluarkan banyak rupiah demi menambah koleksi baca’an mereka, mulai dari buku, novel, komik, majalah, tabloid, kamus, de el el. Tapi, saya tidak yakin sebagian besar blogger sudi meminjamkan koleksi baca’annya kepada orang lain. Karena, banyak yang trauma akan kehilangan koleksinya, pun dengan kondisi yang menyedihkan setelah berhari-hari dipinjamkan. Betul begitu, reader holic? Hahahaha (entah mengapa saya tertawa-pengen aja-apa omong = =" )

Okeh, setidaknya saya lah orang yang trauma itu. Entah why, saya selalu berpikir lebih baik buku saya hilang sekalian(kan bisa minta ganti) daripada harus dikembalikan dengan kondisi semena-mena. Kadang hati kecil saya menangis melihat kondisi buku yang sebelumnya segar bugar, tapi setelah dipinjamkan kondisinya seperti akan mendekati ajalnya. Bagaimana mungkin mereka begitu tega meng-aniaya sebuah buku? Dan…. Saya pun sensitive jika ada (siapapun) yang akan meminjam buku-buku saya. Minimal harus ada jaminan bola mata sebelah kiri. Huohuohuo, #kejamnya dirimu sayang# :p

Terkesan pelit??? #cuek#

Mungkin, teori dari sahabat saya ini bisa membantu kita yang memiliki masalah seputar pinjam-meminjamkan buku. Saya telah mengenal dia sejak semempeh. Banyak hal dari dirinya yang mirip pada diri saya. Yang sedikit membedakan adalah dia sedikit “normal” dan saya sedikit “abnormal” (teutep sama-sama merugikan untuk dijadikan istri. Muahahaha). Yang pasti, I know her so well and she now me so well lah. Suatu hari saya meminjam novel Maryamah karpuv miliknya, yang tidak saya rawat dengan baik sebab saya lupa menaruhnya dimana? (parah). akhirnya, novel itu ditemukan oleh papa saya yang dibacanya sampe abis. Sayangnya, lembar pertama novel itu sobek dan tidak saya perhatikan ketika mengembalikannya. Alhasil, Rohaye tidak lagi serta merta sepenuh hati ingin meminjamkan koleksi baca'an miliknya pada saya. :(

Prof. Dr. Rohaye yang telah saya renovasi



“Orang bodoh adalah orang yang mau meminjamkan bukunya kepada orang lain dan orang yang paling bodoh adalah orang yang meminjam buku kepada orang lain lalu mengembalikannya”.



Itulah teori Prof. Dr. Rohaye, yang saya “amin” kan. Kabar baiknya adalah teori itu tidak berlaku untuk kita berdua. :D

36 komentar:

Aina mengatakan...

haha...teorinya ngasal banget sumpah..... hehe... emang sebel juga ci kalo ada yang pinjem buku ama kita, udah lama banget gak dibalikin, pas balik tau-tau udah lecek kayak abis dilindes buldoser....

KoskakiUngu mengatakan...

((aina)) : saya sih nggak sebel na.. tapi langsung ngasah silet...haha

Eks mengatakan...

halah, saya maah udah kenyang digituin.
disekolah pernah buku saya dipinjem, pas dipulangin, sampulnya udah dicabik-cabik.

Eks mengatakan...

wew, kotak followernya error mba... gimana nih?

Adryan Nurdien mengatakan...

parah banget teorinya... -.-"
gitu tu juga ada nggak yang mau ngasih pinjem kamu barang2 apa gitu, gak mesti buku?

John Terro mengatakan...

wah parah banget teori itu :D

Teras Info mengatakan...

Hem..

Memberi pinjam tidak salah..
Dan apabila saat barang yang kita pinjamkan itu kembali dalam keadaan yang berbeda, itu resiko...

Segala sesuatu pasti ada resikonya.. ^_

Oral and Written mengatakan...

parah teorinyaaaaa...ha..ha..haaa..

Fiction's World mengatakan...

wah parah hhahha.
saya sebenarnya oke-oke aja minjemin buku setelah sebelumnya wanti-wanti panjang lebar dan biasanya pada gg jadi pas udah denger wanti-wanti saya hhehhe
tapi percaya deh kalau sesama pecinta buku gg bakal kejam "memperkosa" dulu baru mengembalikan

KoskakiUngu mengatakan...

((eks)) : udah muncul noh box follower na.. =.='

((nurdien)) : haha, eh maksudnya gimana? *ormud*

((Jhon)) : muahaha

((Teras info)) : dan saya selalu berusa untuk memperkecil resiko dengan tidak meminjamkan buku saya. hiehie, terima kasih.

((O dan W)) : hmphmphmp

((tiara)) : hihi, pasti wanti2 kamu isinya aneh kan? hemmpp, tpi kadang2 pecinta buku juga nggak tau diri..

Corat - Coret [Ria Nugroho] mengatakan...

sama2 aku jg agak gimana gt kalo mau minjemin buku tp tergantung sih kalo sama temen yg jg suka ma buku pasti dia bs merawat buku yg dipinjamnya

Riska mbem mengatakan...

Kalo masalah ini,malah aku yg jadi tersangkanya mba. Huahuahua. Kasian yang bukunya aku pinjam, saat ku kembalikan buku mereka tak lagi perawan *sigh*

Opi mengatakan...

"orang yang paling bodoh adalah orang yang meminjam buku kepada orang lain lalu mengembalikannya"..

na gerek mka penjaga perpus kalo dak ku kasih kembali ki..

Adryan Nurdien mengatakan...

gitu lho ya ada yang mau minjemin barang ke kamu? gitu maksudnya..

arev tyan mengatakan...

bener banget,,jarang minjemin karena trauma!takut kalo barangnya ntar ilang

KoskakiUngu mengatakan...

((Ria)) : iya sih, semoga.. :)

((Mbem)) : haha, selamat ya mbem.. -__-'

((opi)) : edede, buku apa seng yg nu pinjam di perpus? muahaha :p

((nurdien)) : ouw, yayaya... (padahal belum ngerti)

((tyan)) : yuii,

ghost writer mengatakan...

sebelum itu,aku sudah menonton filem yang kamu sarankan..sudah agak lama.Ia buat aku begitu bersedih namun tetap punya perjuangan hidup yang tinggi.

dan untuk soal ini,aku sering meminjamkan buku aku pada orang2 yang aku percayai,aku yakin akan ada pengembalian..

Andaka Rizki Pramadya mengatakan...

itu valid ya teorinya? hehe :P juskid

Gaphe mengatakan...

pelioot ih mau dipinjamin bukunya aja banyak pertimbangan. hahahah.. yaudah beli dewe aja deh.
saya sebel sih kalo minjemin trus ngbealikinnya dah rusak atau lamaa kudu ditagih2..

untuk orang kayak gitu, cukup tau aja deh.. besok2 nggak minjemin

aaSlamDunk mengatakan...

berati saya termasuk orang bodoh yg pertama, sering minjemin buku ke orang lain hehe

rajin ngblog juga ya ternyata, salam kenal

Huda Tula mengatakan...

waaah aku banyak banget bukuku yang hilang, kadang lupa siapa yang minjem. Tapi ga kapok minjemin. Terus di rakku juga banyak banget buku yang belum dibalikin. malah kadang aku lupa minjemnya dari siapa, jadinya bingung mau balikin.

tapi aku masih senag membeli dan pinjam meminjam buku....

omgitswina mengatakan...

enakan minjem daripada beli kan ;p

AuL Howler mengatakan...

“Orang bodoh adalah orang yang mau meminjamkan bukunya kepada orang lain dan orang yang paling bodoh adalah orang yang meminjam buku kepada orang lain lalu mengembalikannya”.


Nyahaha

Nice quotes :)

ario saja mengatakan...

wah parah bener tuh yang pinjam buku, ga punya peri-kebukuan

Arkan Azis Kusuma mengatakan...

kemanakah hati nuranimu, kawan? sudah meminjam buku dengan percuma lalu mengembalikannya dengan keadaan tidak sempurna? hehe bercanda.

alhamdulillah belum pernah mengembalikannya buku pinjaman dengan lembar pertama yang sobek. seringnya sih mengembalikan buku dengan keadaan tinggal setengah.

btw rumahnya sudah banyak didekor yak? lebih segarrrzz..

r10 mengatakan...

kalau punya buku disumbangin aja ke perpus
kalau pinjam buku, pinjam saja di perpus

case closed, next case please :)

KoskakiUngu mengatakan...

((ghost writer)) : wah kayaknya kta perlu sering2 ngerumpi soal movies, ready for that? ^_^ siip, saya nggak nyaranin buat pelit minjemin koq. hehe,

((andaka.R.P)) : hoho, valid di dunia saya dan Prof.Dr.Rohaye :)

((gaphe)) : huahuahua,biarin. darippada saya makan hati, kan minumnya teh botol sosro.. *lho??

((asslamdunk)) : ya gapapa deh, setidaknya kamu nggak termasuk orang "bodoh" yang kedua.haha, salam balik!!

((Huda tula)) : brarti kalau mematok teori dari Prof.Dr.Rohaye, kamu termasuk orang yang bodoh dan orang yg paling bodoh. huhuhu, ^^v

((omgitswina) : yo'i, beib...

((aul)) : zizizi, cuman kamu yang muji gtu, dek!haha

((ario saja)) : hu'um, tul...

((Arkan)) : hahaha, iyadeh alhamdulillah.. =.=', yep saya pake konsep minimalis...hihi

((r10)) : jiahhh, kamu pasti penjaga perpus yaa? hayoo ngaku hayoo ngaku.. :p

iam mengatakan...

Hehe pernah gue kayak gitu. Minjem novel temen, tau2 beberapa lembar lepas dari sarangnya >.<

dindasaurus mengatakan...

sama aee maliing dong.kenapa harus buku..kenapa teori itu ga berlaku buat HP,LEPTOP,MOTOR,MOBIL..dan yg paling pencing HATI.wkwkwkwkwk

Tukang Pamer mengatakan...

iya nih komikku juga pada ilang :(
oia, aku buat komik tapi blum slese..
silakan dicek tukangkomik.blogspot.com
:D

nonasan mengatakan...

aku sih kalo minjem buku orang selalu tau diri. tapi kenapa ya orang yang minjem bukuku selalu gak tanggung jawab, kasus ku persis banget sama kaka ><

affie9 mengatakan...

pernah, bukuku pernah di pinjem sama pak guruku, dan ga di kembalikan, katanya sih hilang....

Prasetyo mengatakan...

Good information mate. Thanks for sharing to us.

ain...ain mengatakan...

haha... ini pengalaman semua orang. Bukan cuma buku aja yang bisa dijadiin contoh.
Saya pernah minjemin laptop saya ke temen sekamar. Katanya sih mau lihat info beasiswa doang, eh taunya dia buka situs lain sampai berjam-jam dan nggak matiin laptopnya secara benar. Alhasil laptop saya crash, rusaklah sampe harus di service T.T *curcol

Intinya, terkadang kita berperilaku baik terhadap orang lain tapi nggak dibalas sebaliknya. Dan saya setuju untuk teori kamu... kalo bisa sih sedikit "pelit" untuk barang2 kesayangan seperti itu :)

t h y a mengatakan...

kalo saya selalu menyampaikan pesan ke setiap org yg minjem buku..
"jangan lecek, jangan di lipet bacanya. ketekuk sedikit ganti yg baru* huohoho~ kejam memang :D

Adryan Nurdien mengatakan...

ampun deh gak ngerti2.. -,-"