sesi lanjutan TATOR(TANA TORAJA)

on Kamis, April 28, 2011

Assalamu’alaikum! Guten Murgen...

Saya kembali…!!! hihi

Ini postingan lanjutan, dari postingan sebelumnya  -TATOR(TANA TORAJA)- . di postingan sebelumnya, saya sudah memaparkan sedikit info tentang adat istiadat di TOraja mengenai rumah adat TONGKONAN(sebenarnya, disana semua rumah disebut tongkonan) dan Upacara Kematian(mabadong) yang merupakan acara yang paling meriah di daerah tersebut. Kata sumber yang bisa dipercaya, pada upacara kematian itu, ada sebuah ‘kewajiban’ untuk membuat acara tersebut meriah. Misalnya, keluarga yang sedang berduka harus mendapatkan sumbangan hewan yang biasanya berupa kerbau atau babi. Sumbangan tersebut mereka dapatkan dari tetangga-tetangga atau rekan-rekan mereka yang mana sebelumnya mereka juga telah mendapatkan sumbangan hewan dari keluarga yang berduka. Nah, hitungannya tuh 1 hewan/ kepala keluarga. Ingat!itu hukumnya WAJIB! so, harus selalu siap duit di kantong bikos kita tidak pernah tau kapan ajal datang menjemput, kalau tidak maka harus melakukan cara apapun untuk bisa membeli seekor babi atau kerbau yang harus diserahkan kepada keluarga yang berduka. Terkadang malah bela-bela’in utang sana-sani(masih dari sumber yang bisa dipercaya). Satu hal lagi, katanya jika ada salah seorang dari keluarga yang meninggal, lantas keluarga yang ditinggalkan belum memiliki cukup uang untuk menyelenggarakan acara tersebut, maka jasad(mayat) tersebut disimpan terlebih dahulu(diawetkan) nanti setelah sudah ada duit, baru deh diraya’in. so jangan heran kalau acaranya bisa sampe 7 hari 7 malam. Hihi…
(benar kata mas Gaphe, ini acara kematiannya ada waktu-waktu khususnya, nah dari sumber yang bisa dipercaya, mereka biasanya menyelenggarakan upacara ini diatas bulan Juli, karena di waktu-waktu itu biasanya Turis pada berdatangan juga. *catet yah, sayang kalo' kesana gak liat acara ini.hehe*)

>>> Objek Wisata yang angker

Di toraja terdapat banyak kuburan, lucunya kuburan-kuburan ini malah menjadi objek wisata. Sebut saja Londa dan Lemo, mereka adalah jenis kuburan yang terbuat dari batu. Jadi, kuburannya itu bukan seperti kuburannya orang-orang Indonesia…(halah2 ngomong apa sih? Sebenarnya saya agak kesulitan untuk menjelaskannya sodara-sodara,hihi. Maafkan…). Bentuk kuburannya itu seperti Goa, jadi mayat-mayat itu di masukin ke dalam peti, trus di taroh deh di sono. Gitu aja, selesai.hoho! selain itu ada juga kuburan yang disebut dengan KETEKESU, konsepnya masi sama kuburannya dari batu juga,namun bedanya mayat-mayat yang dikubur(yang ada dalam peti) di pekuburan ini, dibuatin patung yang mirip dengan wajah si mayat, gunanya untuk menandakan wajah siapakah yang berada dalam peti ini???hayoo..hayoo..sapa??? Udah yah ngomongin kuburan-kuburan, hihihihi…

>>> Objek Wisata yang sebenarnya

Nah, guys! Di toraja juga terdapat gunung, namanya Gunung Sesehan. Gunung ini merupakan gunung terbesar yang ada di toraja. Ketinggian gunung ini kurang tau yah, yang pasti kalau jatuh kebawah pasti mati. Lebih baik mati sih, daripada sekarat kan? Nyusahin ajah! Haha *becandah*. Kalau yang suka main petak umpet, sebaiknya singgah ke daerah Batu Tumonga. Tumonga itu kurang lebih artinya BESAR, jadi kalau singgah ke batu tumonga bakal ketemu sama batu yang gedhe-gedhe. Di tempat ini ada banyak penginapan juga. Kalau lagi santai sambil duduk-duduk di beranda rumah(tongkonan) yang ada di batu tumonga, katanya kita bisa menikmati city view nya kota toraja. Wah..wah..keren...

>>> Fasilitas Lainnya...
Don't Worry untuk yang terbiasa nginap di hotel, di toraja ada koq! Namanya Hotel Marante, ini Hotel terbesar yang ada disana. Hotel yang besar dan yang kecil mungkin ada juga, tapi berhubung saya tidak tau, jadi gak usah nanya macam-macam,nginap di hotel marante aja dah!haha. masih dengan nama yang sama, yaitu Marante, di toraja ada sebuah jalan yang bernama jalan marante, nah disitu kalian akan menemukan  jembatan gantung *jembatan gantungnya keren*. Kalau kalian gak sempat bawa gosok gigi, sabun mandi, dan berbagai jenis makanan-makanan instan, silahkan berkunjung di Toko Abadi, toko abadi adalah toko terbesar yang ada di toraja. (Kalau sejak tadi saya sering banget nyebut “ini adalah blablabla yang terbesar yang ada di toraja”, itu semata-semata karena saya tidak ingin merubah redaksi yang diberikan langsung dari sumbernya. Harap maklum,ehehehe)
And the last, bagi yang suka maen-maen air , sepertinya wajib berkunjung ke Daerah Tilanga, yaitu sungai yang airnya super duper jernih pisan. *euleh-euleh*. Kata sumber yang bisa dipercaya, di dalam sungai ini ada belut yang juga ikut bermain air bersama kita. Mereka gak mengganggu koq, dan uniknya*rada berbau horror* kalau belutnya di foto, ntar hasil fotonya belutnya gak keliatan alias gak ketangkap kamera. Hiyyyyyy……tatut awh!

>>> Sesi Bonus (hehe)

*ini dia yang di sebut dengan BONGA atauTEDONG SUCI

Kalau ke toraja jangan lupa bawa Jaket, disana Dingin, trus bawa duit yang banyak disana juga banyak merchandise, beli yang banyak buat oleh-oleh. ohya, buat yang muslim jangan khawatir, disana banyak makanan halal koq walaupun dominan di daerah ini masyarakatnya beragama non Islam.

Semoga Infonya bermanfaat, biar puas langsung ke Toraja aja yah...
Dengan menghargai budaya, secara tidak langsung kita telah menghargai perbedaan. dan perbedaan itu indah, *iyalah, bayangin aja kalau semua manusia di dunia ini wajahnya sama???pasti bingung kan??ahahaha!*

Lovw Culture!

4 komentar:

Sang Cerpenis bercerita mengatakan...

antik amat kerbaunya

blackdevil mengatakan...

waduh thu kerbau,..
tp ku liat sekilas kyk babi yha(?)
ehehehehehehehehehehe

kerbau na mentel bgt se,.
jd gemes nhe !!!!!
pgn cubit" pipi na..
ahahahahahahaha
:D

iam mengatakan...

Whaha ini kerbau kayaknya bisa ngalahin lucunya hamster XD

^^KoskakiUngu^^ mengatakan...

>>SCB: hehe, tapi teutep dimakan juga..

>>blekdev: hehehehe, iya kan critanya belang..

>>iam: tapi gak bisa ngalahin lucunya kucing, :p